Workshop Standart Operation Procedure Non Teknis PDAM

.


Bertempat di aula kantor PDAM Jombang (27 Mei 2015) dilaksanakan workshop standar operasioanal prosedur yang bekerjasama dengan IUWASH perwakilan Jawa Timur. Workshop yang diikuti oleh para kasubag dan kabag di lingkup PDAM Jombang ditekankan pada bidang pelayanan dan keuangan.

SOP adalah suatu set instruksi (perintah kerja) terperinci dan tertulis yang harus diikuti demi mencapai keseragaman dalam menjalankan proses bisnis tertentu, prosedur ini adalah standar yang sangat rinci dari kegiatan yang dilakukan oleh pelaksana pada masing-masing divisi dan jabatan dan dibuat sebagai pedoman kerja.

Dirut PDAM, Aries Yuswantono mengatakan bahwa, “Perusahaan yang memahami arti penting keberadaan SOP bagi bisnis mereka, sangat meyakini bahwa SOP akan memberikan manfaat yang sangat banyak bagi pertumbuhan bisnis mereka. Namun beberapa perusahaan masih menganggap SOP itu sebelah mata, dan dinilai hanya membuat proses kerja menjadi tidak fleksibel dan untuk karyawan yang belum terbiasa berpedoman pada SOP menganggap hal ini sangatlah merumitkan

SOP itu diibaratkan suatu kitab yg memang harus kita laksanakan demi kemajuan institusi PDAM”, Rudy Jusdian, mewakili dari IUWASH Perwakilan Jawa Timur,  menambahkan pentingnya SOP sebelum memulai asitensinya dalam menyusun SOP non teknis. Karena sangat penting itulah, diharapkan setelah adanya SOP tidak akan muncul permasalahan di kemudian hari. (aries_pdamjombang)