Perawatan Sumur Pompa Sebagai Solusi Untuk Mempertahankan Debit Air

.

Pompa merupakan aset PDAM yang paling penting untuk mendapatkan air guna didistribusikan kepada masyarakat. Dari 24 sumur pompa yang ada di Kabupaten Jombang, 60 persennya berumur diatas 10 tahun. Hal ini sangatlah perlu adanya jadual rutin untuk melakukan perawatan terhadap beberapa sumur pompa tersebut. Untuk type pompa air submersible (pompa yang dipakai PDAM) yang secara teknis harus berada di dalam lubang sumur dan terendam air, memang tidak memungkinkan untuk dilakukan perawatan lebih sering karena prosesnya yang cukup panjang dan berat. Anggap saja jika kedalaman lubang sumur anda adalah 100 meter lebih dengan pompa submersible, sudah pasti akan memerlukan tenaga serta waktu extra untuk mengangkat unit pompa karena berat pipa yang juga harus diperhitungkan.

Namun untuk menjaga kinerja mesin pompa dapat terus maksimal, sesekali memang perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi fisik mesin mulai dari motor dan kipas hisapnya tetap dalam keadaan prima. Merawat pompa air submersible memang banyak biaya, sebelum memutuskan untuk mengangkat unit pompa yang hanya sekedar untuk merawat atau membersihkannya saja, kecuali kalau memang terjadi kerusakan, sebaiknya memeriksa terlebih dahulu pada debit air yang dikeluarkan. Apakah ada penurunan dari debit normal? Jika masih baik, tentunya anda tidak perlu untuk memeriksa mesin pompa.

Kalaupun pada debit air menunjukkan penurunan yang sangat signifikan, perlu  dicurigai bahwa sesuatu telah terjadi pada sumber air atau masalah pada unit pompa. Segera lakukanlah tindakan mengangkat pompa sebelum hal buruk yang lebih fatal terjadi. (aries_pdamjombang)

------ooo0ooo-----