Pembenahan Pipa Bocor di Dekat Saluran Sungai

.

Mengingat air merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari, air memiliki peranan penting untuk mendukung kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Tersedianya air yang memadai akan mendorong perkembangan sektor pembangunan di masyarakat. Program yang dilakukan oleh PDAM baik didaerah perkotaan maupun dipedesaan mempunyai tujuan untuk memberikan pelayanan pada masyarakat mendapatkan air bersih yang sehat dan memadai untuk keperluan rumah tangga maupun industri untuk menunjang perkembangan ekonomi dan derajat kesehatan penduduk.

Sebagai salah satu perusahaan publik yang ada didaerah, PDAM sangat diperlukan kehadirannya bagi masyarakat, demikian pula pentingnya keberadaan PDAM di Kabupaten Jombang. Di Kabupaten Jombang, air bawah tanah masih mudah didapatkan tetapi di beberapa wilayah sangat membutuhkan air PDAM utamanya di wilayah utara Sungai Brantas, disamping kondisi geografis yang ada, ditambah pula kondisi tanah yang sudah mulai tercemar. Jumlah pelanggan sampai dengan sekarang ini berkisar pada 19.000 sambungan rumah.

Untuk saat ini pelayanan yang diberikan oleh PDAM kepada masyarakat antara lain; pemasangan baru, perbaikkan, pembayaran rekening, dan airnya sendiri dan lain-lain. Adapun keluhan-keluhan dan laporan dari masyarakat kepada PDAM. Pihak PDAM menggolongkan keluhan tersebutmenjadi dua sesuai dengan beratnya masalah, yaitu; keluhan yang dapat langsung ditangani dan pending (menunggu). Keluhan yang langsung dapat ditangani PDAM misalnya kebocoran pipa pelanggan. Jika keluhan yang harus menunggu atau pending terjadi karena memerlukan waktu beberapa hari untuk melakukan penelitian terlebih dahulu, misalnya; beberapa rumah pelanggan yang berjajar airnya mati, dalam satu RT hanya 1-3 rumah pelanggan air kotor. Maka memerlukan penelitian atau pemotongan pipa untuk mengetahui sumber permasalahan air.

Kebocoran pipa yang sering dikeluhkan masyarakat, karena dapat menimbulkan kurangnya air yang distribusikan. Masyarakat banyak mengeluh airnya sangat kkecil sekali. Ada beberapa faktor yang menjadikan kebocoran pipa di wilayah PDAM Kabupaten Jombang, yaitu adanya pembangunan fisik, kondisi pipa yang sudah tua, dan faktor alam antara lain terkena akar pohon. Perlu pembenahan yang benar dan akurat apabila terjadi kebocoran pipa karena masyarakat tidak mau tahu seberapa beratnya dalam membenahi bocoran, yang diminta hanya air itu bisa mengalir lagi. Bagi staf PDAM, hal ini selalu ditanggapi dengan tangan terbuka dan pikiran dingin. (aries_pdamjombang)

------ooo0ooo------