Pemasangan Pipa di Gedongombo, Upaya Untuk Melayani Air Bersih di Wilayah Utara Brantas

.
Perpipaan di Gedongombo Ploso (01/11/2014)
Kebutuhan akan air bersih terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, sehingga manusia berusaha mencari sumber air yang baik dan terjamin kualitasnya, yaitu dengan cara membuat sumur gali atau menggunakan pompa. Cara-cara seperti itu memang bisa diandalkan untuk dapat memenuhi kebutuhan air perkapita yang meningkat sesuai dengan peningkatan taraf hidup manusia itu sendiri. Tetapi di beberapa daerah kondisi air bawah tanah sudah tidak layak lagi dikonsumsi karena faktor alam dan lingkungan.

Untuk memenuhi kebutuhan air di daerah tersebut, seperti contohnya di Desa Gedongombo Kecamatan Ploso yang sudah beberapa bulan kesulitan mendapatkan air bersih yang layak dikonsumsi maka PDAM Jombang mulai memasang pipa-pipa di daerah tersebut. Desa Gedongombo merupakan salah satu daerah di utara Sungai Brantas yang menginginkan air dari PDAM karena kebanyakan air sumurnya sudah berbau dan rasanya asin.

Melalui anggaran di PDAM Jombang sejumlah kira-kira Rp. 200 juta di desa tersebut mulai dibangun jaringan pipa berukuran besar sejauh kurang lebih 2 kilometer yang akan mensuplai air ke sejumlah 1.000 KK calon pelanggan. Bahan baku air akan diambilkan dari Instalasi Pengolahan Air yang ada di Kudu—Ngusikan. Diharapkan dengan adanya instalasi pipa ini akan mempermudah masyarakat di daerah tersebut akan kebutuhan air bersih.(aries_pdamjombang)

-----ooo0ooo-----