Pemahaman GIS Untuk Mengetahui Jaringan Pipa yang Terorganisir Sehingga Memudahkan Operasional Dalam Melaksanakan Tugas

.

GIS atau Geographic Information System adalah aplikasi pengolahan data spatial dengan menggunakan sistem komputerisasi dengan menggabungkan antara data grafis dengan data atribut obyek menggunakan peta dasar digital (basic map) bergeoferensi bumi. Saat ini GIS berkembang pesat dan banyak diimplementasikan disegala bidang seperti pendidikan, kesehatan, geografi, cuaca, kependudukan, jaringan perpipaan dan lain-lain. Pada dasarnya GIS menampilkan dan memberikan percepatan data-data yang diinginkan oleh pengguna dimana terdahulu hanya menggunakan metode manual namun saat ini menggunakan metode digital (Komputerisasi).

Aplikasi GIS di PDAM digunakan untuk collecting, editing, evaluasi dan monitoring seluruh data-data jaringan pipa dan accessories (valve, hydrant, reducer, dan lain-lain). Data-data jaringan pipa yang dahulu tersimpan secara manual dalam as built drawing, dengan aplikasi GIS ini di digitasi atau digambar kedalam komputer. Penggambaran letak/posisi pipa dan accessories didasarkan pada peta dasar digital (topografi), sehingga data yang dihasilkan sangat presisi atau sesuai dengan kondisi yang sebenarnya dilapangan.

Hampir seluruh Pipa PDAM tertanam dalam tanah, sehingga diperlukan pengelolaan data lokasi pipa tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, PDAM Jombang bekerjasama dengan IUWASH melaksanakan pelatihan dan penerapan di lapangan sehingga permasalahan data pipa bisa tercukupi. Permasalahan lain adalah sebagian besar data Pipa PDAM “berada” dalam ingatan pegawai, hal ini tentu akan menimbulkan masalah saat pegawai tersebut “lupa” atau ‘Pensiun” sehingga harus cepat-cepat di inventarisir datanya. Minimnya data-data jaringan perpipaan terutama as built drawing, sementara kebutuhan akan data-data sangat dibutuhkan dalam menunjang kegiatan operasional PDAM

GIS dilakukan mengingat data-data jaringan perpipaan dan data pelanggan merupakan salah satu “Aset” terbesar PDAM yang berpengaruh  besar dalam menunjang kegiatan operasional PDAM serta berkaitan juga dengan kinerja perusahaan. Seluruh data-data jaringan dan pelanggan manual dikomputerisasi sehingga datanya aman, lebih didayagunakan, cepat dan akurat dalam pemberian informasi.

Pelatihan yang dilaksanakan di kantor PDAM Jombang, diikuti oleh Tenaga IT, bagian Hubungan Pelanggan dan bagian Operasional. (aries_pdamjombang)

-------ooo0ooo-------